KEMANA ARAH AUSSIE BILA RBA POTONG SUKU BUNGA??

KEMANA ARAH AUSSIE BILA RBA POTONG SUKU BUNGA??

KEMANA ARAH AUSSIE BILA RBA POTONG SUKU BUNGA??

Australian dollar kembali mencatat level terendah dalam tiga tahunan setelah rilis data penjualan ritel (retail sales) kemarin hasilnya dibawah perkiraan. Data penjualan ritel bulan Juni hasilnya turun 0.2% dari hasil bulan Mei di 0.2%. atas rilis data tersebut AUD turun ke level $0.8846.  data menunjukan masih rapuhnya proses pemulihan ekonomi Australia, seperti begitu berat tantangan yang dihadapi untuk bangkit. Sempat juga tersiar kabar skandal susu pabrikan New Zealand Fonterra yang ditolak oleh China karna mengandung bakteri, tentunya hal ini mempengaruhi ekspor Australia ke negara tujuan utama perdagangan mereka.

Bank Sentral Australia (RBA) akan mengumumkan tingkat suku bunganya pada hari ini, untuk membantu mempercepat proses pemulihan ekonomi. Cash rate atau tingkat suku bunga diprediksi dipangkas 0,25% menjadi 2.50% merupakan tingkat terendah. RBA telah memangkas suku bunga 100 basis point lebih sejak tahun lalu untuk menghadapi pasar tenaga kerja yang melambat, penurunan harga komoditas ekspor utama Australia dan melemahnya perekonomian global.

Lantas kemana arah Aussie bila benar-benar RBA memangkas suku bunga? Apakah makin terpuruk kelevel lebih rendah atau ada harapan akan menguat seiring adanya tindakan dari otoritas moneter memperbaiki perekonomian. Jika dilihat prediksi ekonom yang meramalkan pemangkasan suku bunga ke level 2.50%, bila sesuai perkiraan maka Aussie dapat menguat. Namun harus dicermati untuk dampak dari pemotongan suku bunga itu sendiri terhadap nilai mata uang yang biasanya akan membuat mata uang melemah. Sekalipun sesuai prediksi nanti cash rate dipotong menurut analis SimPro, nilai Aussie masih tetap berada dilevel bawah $0.8850 – 0.8950

|

AUTHOR by SWENDY

SINYAL FOREX WITH AKURASI & REAL ACCOUNT HISTORY CLICK HERE

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s