Eksportir Pangkas Harga Saat Yen Menguat

Eksportir Pangkas Harga Saat Yen Menguat

Eksportir Pangkas Harga Saat Yen Menguat

Sebagian besar perusahaan impor asal Jepang saat ini sangat diuntungkan oleh trend pelemahan nilai tukar Yen terhadap Dolar AS sejak beberapa akhir pekan ini. Namun sesungguhnya mereka belum sepenuhnya memanfaatkan penurunan kurs karena masih beradaptasi. Sehingga membuat para eksportir kembali mencari solusi saat yen Jepang kembali menguat.

Sehingga saat ini pihak eksportir berpikir untuk akan menurunkan kembali harga barang-barang dagangannya di luar negeri apabila Yen kembali menguat. Sejak Yen Jepang melemah,banderol harga berbagai produk belum berubah dan daya tariknya di mata konsumen semata muncul karena harganya lebih murah di saat Dolar AS melemah. Padahal semestinya para perusahaan bisa menurunkan harga masing-masing produknya sehingga prospek penjualan untuk jangka panjang bisa lebih baik lagi. Saat ini, perusahaan ekspor sedang fokus mengembalikan laba pasca penderitaan bisnis selama lima tahun terakhir (akibat penguatan Yen). Menurut para analis saat ini, pelaku ekspor akan mulai memangkas harga produknya di luar negeri sekitar satu tahun ke depan. Dengan begitu, maka harga produk Jepang di pasar luar negeri bisa lebih bersaing lagi terutama jika disejajarkan dengan barang-barang asal Jerman dan Korea Selatan. Berbeda dengan Jepang, dua negara ini tidak lagi memiliki ruang untuk menurunkan harga produknya sehingga bisa kalah bersaing dengan barang buatan negeri sakura di masa depan. Kecil kemungkinan nilai tukar Euro dan Won bisa melemah sebegitu besarnya terhadap Dolar AS sebagaimana apa yang dialami oleh Yen Jepang.

Para analis telah memperkirakan perekonomian Jepang akan tumbuh dalam rasio riil 2.8% dalam satu tahun (sampai dengan bulan Maret berikutnya). Setelah itu, kenaikan volume permintaan produk dari luar negeri akan membantu kenaikan rasio pertumbuhan nasional sebesar 1.0% di tahun berikutnya. Sehingga para analis pun memprediksi Usdjpy di hari ini di prediksi masih akan menuju ke level suportnya di kisaran level 96.70-an-96.50-an.

|

AUTHOR by Martin W

SINYAL FOREX WITH AKURASI & REAL ACCOUNT HISTORY CLICK HERE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s