APA ITU BOND AUCTION DAN PENGARUHNYA TERHADAP MATA UANG?

APA ITU BOND AUCTION DAN PENGARUHNYA TERHADAP MATA UANG?

APA ITU BOND AUCTION DAN PENGARUHNYA TERHADAP MATA UANG?

Bagi para trader maupun pengamat pasar keuangan pastinya sudah sering mendengar apa yang namanya Bond Auction kan, atau yang sering disebut sebagai Lelang surat hutang.  Surat hutang atau Obligasi adalah suatu istilah yang digunakan dalam dunia keuangan yang merupakan suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran. Misalnya saja pada Obligasi pemerintahAmerika yang disebut “U.S. Treasury securities” diterbitkan untuk masa jatuh tempo 10 tahun atau lebih.

Obligasi secara ringkasnya adalah merupakan utang tetapi dalam bentuksekuriti. “Penerbit” obligasi adalah merupakan sipeminjam atau debitur, sedangkan “pemegang” obligasi adalah merupakan pemberi pinjaman atau kreditur dan “kupon” obligasi adalah bunga pinjaman yang harus dibayar oleh debitur kepada kreditur.
Kita ambil contoh Spanish 10-y Bond Auction, adalah merupakan hasil tingkat bunga rata-rata pada obligasi 10-tahun Pemerintah antara yang dijual melalui lelang, dan rasio bid-to-cover(jumlah penawaran yang dibuat per penawaran yang diterima) pada saat lelang diselenggarakan.
Pemerintah (dalam hal ini Spanyol) menerbitkan kas untuk meminjam uang untuk menutupi kesenjangan antara jumlah yang Pemerintah terima dari pajak dan jumlah yang dikeluarkan untuk membiayai kembalihutang negara yang ada, dan/atau untuk meningkatkan modal.

Dampak dari munculnya data ini adalah tidak terlalu jelas pada satu waktu tertentu, karena tidak berada satu titik waktu yang tepat saat data ini dirilis. Hal ini terjadi karena adanya proses lelang penawaran obligasi yang dilaksanakan secara langsung. Tentu saja dengan adanya proses lelang, berarti membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena dicari penawar terbaik.

Karena itu, fluktuasi terhadap pergerakan mata uang dimungkinkan akan terjadi. Dan data ini berarti menunjukkan situasi utang terkini yang dimiliki Pemerintah. Selain itu, data ini dapat memberikan gambaran kepada investor mengenai tingkat suku bunga dimasa mendatang. Nah, investor tentu saja sangat memperhatikan hal ini dan juga yang menjadi catatan adalah para trader spekulan biasa bergelut di seputar isu ini untuk mempermainkan harga karena waktu proses lelang yang membutuhkan beberapa waktu.
Cara membaca format data Bond Auction:
X.XX|X.X
5.34|3.0
Angka didepan garis adalah menunjukkan tingkat bunga rata-rata obligasi yang dijual, dan angka berikutnya adalah menunjukkan bid-to-cover ratio (jumlah penawaran yang dibuat per penawaranditerima).
Alasan para investor membeli obligasi adalah di mana obligasi memiliki pembayaran keuntungan yang tetap pada periode tertentu serta fluktuasi harga obligasi yang mengikuti arus tingkat bunga. Tingkat bunga yang meningkat akan berdampak pada harga obligasi di pasar modal yang akan turun, dan begitu sebaliknya.

Sebenarnya Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan data ekonomi ini, karena istilah yang dipakai sangat dekat dengan kita dalam kehidupan sehari-hari khususnya para karyawan kantor. Dan biasanya memang muncul di tanggal-tanggal segini (mendekati akhir bulan).
Yup, nge-Bon (Bond) alias ngutang dulu sama kantor, nanti potong gaji.
Nggak jauh beda ya Pemerintah dengan kita.. suka nge-Bon mendekati akhir bulan.. hehe..
Yah..namanya juga Pemerintah.. Pemerintah juga manusia..

Enjoy Trading With Us
 CLICK HERE

Author By Martin W

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s