PENGUATAN DOLAR KALI INI KEMUNGKINAN MENDORONG KENAIKAN SUKU BUNGA

PENGUATAN DOLAR KALI INI KEMUNGKINAN MENDORONG KENAIKAN SUKU BUNGA

PENGUATAN DOLAR KALI INI KEMUNGKINAN MENDORONG KENAIKAN SUKU BUNGA

Dear Investor,

The Federal Reserve berencana untuk segera mengubah kebijakan ekonomi mereka dengan menaikkan suku bunga jika tingkat pengangguran turun dan menuju ambang batas 6,5 persen. Hal ini menjadi bagian hasil pertemuan FOMC akhir bulan lalu yang laporan hasil meetingnya baru dirilis semalam.
The Fed menilai dengan terus membaiknya data pengangguran diluar ekspektasi mereka, maka tidak ada alasan bagi mereka untuk terus melanjutkan kebijakan moneter longgar beberapa tahun terakhir. Mereka sepakat untuk melakukan beberapa perubahan dalam kerangka kebijakan, menyesuaikan dengan perbaikan indikator ekonomi yang terjadi saat ini.
The Fed juga saat ini terus berusaha memberikan kejelasan tentang rencana mereka untuk terus mendukung perekonomian, baik dengan suku bunga yang rendah dan pengurangan pembelian obligasi, setelah tingkat pengangguran turun menjadi 6,6 persen pada bulan lalu, terendah dalam lebih dari lima tahun terakhir. Inilah yang menjadi pendorong agar Tapering tetap berlangsung.
The Fed juga menilai dengan kondisi ekonomi yang cukup stabil dan tidak ada ancaman atau  perubahan yang cukup berarti dalam prospek ekonomi, didukung data pengangguran yang cenderung membaik maka hal ini menjadi salah satu alasan dalam mendukung terus pengurangan pembelian obligasi the Fed sebesar $ 10 miliar pada setiap bulannya.
Tindakan The Fed, khususnya tappering ini sudah diantisipasi oleh pasar sebelumnya. Namun yang saat ini patut lebih di waspadai oleh negara-negara berkembang  adalah jika kebijakan The Fed selanjutnya  akan menaikkan suku bunga mereka, maka hot money yang selama ini ada di negara berkembang termasuk di Indonesia akan hengkang dan kembali ke negaranya. Hal ini akan mengganggu stabilitas keuangan negara-negara berkembang terutama Indonesia, namun kita masih bisa berharap oleh kebijakan antisipasi yang dibuat pemerintah Indonesia, khususnya Bank Indonesia, seperti menaikkan suku bunga Bank Indonesia dan Kementrian Perdagangan dengan membatasi Import.

Hal ini dapat terus mendorong emas turun hingga level 1298.00-1300.00. GBPUSD dapat turun menuju level 1.6610. Eursd dapat menembus 1.3720 menuju 1.3680. Jika Audusd menembus level 0.8930 maka diprediksi dapat menuju level 0.8990.

 

Author by Lien Doe Zhang (Pin BB 2A6066FB)

SINYAL FOREX WITH AKURASI & REAL ACCOUNT HISTORY CLICK HERE

 

Related  Link :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s